close

Penjelasan Berbagai Jenis Transformers Dan Penggunaannya

"TRANSFORMER" - salah satu inovasi tertua di bidang Teknik Elektro. Transformer adalah perangkat listrik yang dapat digunakan untuk mentransfer daya dari satu sirkuit dan sirkuit lain tanpa kontak fisik dan tanpa mengubah karakteristiknya seperti frekuensi, fase. Ini adalah perangkat penting di setiap sirkuit jaringan listrik. Ini terdiri dari dua sirkuit, yaitu sirkuit primer dan satu atau lebih sirkuit sekunder. Silakan lihat tautan Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Transformer & Kerja Transformer . Dalam diskusi ini, kami menangani berbagai jenis transformer.


Transformator
Prinsip Kerja Transformer
Trafo yang bekerja tergantung pada hukum induksi elektromagnetik Faraday. Fenomena induksi mutual antara dua atau lebih berliku bertanggung jawab untuk transformasi daya.
Menurut hukum Faraday, "Tingkat perubahan hubungan fluks sehubungan dengan waktu berbanding lurus dengan EMF yang diinduksikan dalam konduktor atau koil".
E = N dϕ / dt
Dimana,
E = Diinduksi EMF
N = jumlah lilitan
dϕ = Ubah fluks
dt = Perubahan waktu
Jenis-jenis Transformers
Ada beberapa jenis trafo yang digunakan dalam sistem tenaga listrik untuk tujuan yang berbeda, seperti dalam pembangkit tenaga listrik, distribusi dan transmisi dan pemanfaatan tenaga listrik. Trafo diklasifikasikan berdasarkan tingkat tegangan, media inti yang digunakan, pengaturan penggulungan, penggunaan dan tempat pemasangan, dll. Di sini kami membahas berbagai jenis trafo adalah langkah naik dan turun Transformer, Trafo Distribusi, Trafo Potensial, Trafo Daya, 1- Ï• dan trafo 3-,, trafo otomatis, dll.
Transformer Berdasarkan Tingkat Tegangan
Ini adalah jenis transformator yang paling umum digunakan untuk semua aplikasi. Tergantung pada rasio tegangan dari gulungan primer ke sekunder, transformator diklasifikasikan sebagai transformator step-up dan step-down.

Step-Up Transformer
Seperti namanya menyatakan, tegangan sekunder ditingkatkan dengan rasio dibandingkan dengan tegangan primer. Ini dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah gulungan di sekunder daripada gulungan utama seperti yang ditunjukkan pada gambar.Di pembangkit listrik, trafo ini digunakan sebagai penghubung trafo generator ke grid.
 Step-up Transformer
Step-Down Transformer
Ini digunakan untuk menurunkan tingkat tegangan dari tingkat bawah ke tingkat yang lebih tinggi di sisi sekunder seperti yang ditunjukkan di bawah ini sehingga disebut sebagai transformator step-down . Berliku lebih banyak di sisi primer daripada sisi sekunder.
 Step-Down Transformer
Dalam jaringan distribusi, transformator step-down biasanya digunakan untuk mengubah tegangan jaringan tinggi menjadi tegangan rendah yang dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga.

Transformer Berdasarkan Media Inti Yang Digunakan
Berdasarkan medium yang ditempatkan antara gulungan primer dan sekunder, transformator diklasifikasikan sebagai inti Udara dan inti Besi

Air Core Transformer
Gulungan primer dan sekunder luka pada strip non-magnetik di mana hubungan fluks antara gulungan primer dan sekunder adalah melalui udara.
Dibandingkan dengan inti besi, induktansi timbal balik lebih sedikit dalam inti udara, yaitu keengganan yang ditawarkan ke fluks yang dihasilkan adalah tinggi dalam medium udara. Tapi histeresis dan kerugian arus eddy benar-benar dihilangkan dalam transformator tipe inti udara.
Air Core Transformer
Iron Core Transformer
Gulungan primer dan sekunder luka pada beberapa pelat besi yang menyediakan jalur hubungan sempurna ke fluks yang dihasilkan. Ini menawarkan lebih sedikit keengganan untuk fluks linkage karena sifat konduktif dan magnetik dari besi. Ini adalah transformator yang banyak digunakan di mana efisiensi tinggi dibandingkan dengan transformator tipe inti udara.
 Iron Core Transformer
Transformer Berdasarkan Pengaturan Berliku
AutoTransformer
Transformer standar memiliki gulungan primer dan sekunder yang ditempatkan dalam dua arah yang berbeda, tetapi dalam gulungan autotransformasi , gulungan primer dan sekunder terhubung satu sama lain secara seri baik secara fisik maupun magnet seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Transformer Otomatis
Pada kumparan umum tunggal yang membentuk belitan primer dan sekunder di mana tegangan bervariasi sesuai dengan posisi penyadapan sekunder pada tubuh gulungan kumparan.
Transformer Berdasarkan Penggunaan
Menurut kebutuhan, ini diklasifikasikan sebagai transformator daya, transformator distribusi transformator pengukuran, dan transformator perlindungan.

Power Transformer
Transformator daya dalam ukuran besar. Mereka cocok untuk aplikasi transfer daya tegangan tinggi (lebih dari 33KV). Itu digunakan dalam stasiun pembangkit listrik dan gardu Transmisi. Ini memiliki tingkat isolasi yang tinggi.
 Power Transformer
Transformer Distribusi
Untuk mendistribusikan daya yang dihasilkan dari pembangkit listrik ke lokasi terpencil, transformer ini digunakan. Pada dasarnya, itu digunakan untuk distribusi energi listrik pada tegangan rendah kurang dari 33KV dalam tujuan industri dan 440V-220v dalam tujuan domestik.
  1. Ia bekerja pada efisiensi rendah pada 50-70%
  2. Ukuran kecil
  3. Instalasi mudah
  4. Kerugian magnetik rendah
  5. Itu tidak selalu terisi penuh

 Transformer Distribusi
Pengukuran Transformer
Digunakan untuk mengukur kuantitas listrik seperti tegangan, arus, daya, dll. Ini diklasifikasikan sebagai transformer potensial, trafo arus, dll.
 Transformer sekarang
Transformer Perlindungan
Jenis trafo ini digunakan dalam tujuan perlindungan komponen. Perbedaan utama antara mengukur transformator dan transformator perlindungan adalah akurasi yang berarti bahwa transformator perlindungan harus akurat dibandingkan dengan mengukur transformator.

Transformer Berdasarkan Tempat Penggunaan
Ini diklasifikasikan sebagai transformer indoor dan outdoor. Trafo dalam ruangan ditutupi dengan atap yang layak seperti dalam industri proses. Transformer luar ruangan hanyalah transformator jenis distribusi.
 Transformers Indoor dan Outdoor
Ini semua tentang berbagai jenis transformer . Kami berharap Anda telah mendapatkan beberapa wawasan dan konsep berharga dari artikel ini, setelah membacanya dengan saksama.


0 Response to "Penjelasan Berbagai Jenis Transformers Dan Penggunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel