close

TRIAC pengertian dan aplikasinya

  • PegertianTRIAC
TRIAC adalah salah satu thyristor yang memiliki karakteristik bidirectional. TRIAC dapat mengalirkan arus dalam 2 arah dari Anoda ke Katoda atau sebaliknya dari Katoda ke Anoda. TRIAC dapat mengalirkan arus listrik 2 arah (bidirectional) karena struktur TRIAC seperti 2 buah SCR yang yang arahnya bolak-balik kemudian dijadikan satu dengan gate disatukan seperti ditunjukan pada gambar struktur dan simbol TRIAC berikut.
Karakter bidirectional tersebut karena TRIAC Berikut adalah ilustrasi struktur TRIAC dan simbol TRIAC yang kita temuai pada rangkaian elektronika.
Struktur Dan Simbol TRIAC

Gambar diatas menjelaskan bahwa TRIAC pada dasarnya merupakan gabungan dari 2 buah SCR yang rangkai secara bolak balik dengan gate disatukan. TRIAC bekerja mirip seperti SCR yang paralel bolak-balik, sehingga dapat melewatkan arus dua arah. Kurva karakteristik dari TRIAC adalah seperti pada gambar berikut ini.
Kurva Karakteristik TRIAC

BACA JUGA

Kelebihan TRIAC
Kelebihan TRIAC diantaranya adalah :
Dapat mengalirkan arus listrik dalam 2 arah.
Dapat digunakan untuk mengendalikan tegangan listrik AC (Alternating Current)
Dapat digunakan sebagai interface antara sistem kendali digital dengan beban dengan tegangan kerja AC
  • Aplikasi TRIAC

TRIAC merupakan komponen elektronika yang dapat digunakan untuk mengendalikan arus listrik dalam 2 arah, sehingga TRIAC dapat digunakan untuk mengendalikan arus listrik AC (Alternating Current). Aplikasi TRIAC pada umumnya digunakan untuk mngendalikan beban listrik AC seperti lampu listrik AC. Pada rangkaian pengatur kecerahan lampu (dimmer) kita dapat menemukan TRIAC sebagai komponen utama untuk mengendalikan cahaya lampu. Selain digunakan sebagai komponen utama dalam rangkaian dimmer, TRIAC juga digunakan sebagai komponen untuk mengalirkan arus pada suatu solid state relay.
Berikut adalah contoh aplikasi TRIAC dalam rangkaian dimmer lampu AC yang sederhana.
Aplikasi TRIAC dalam rangkaian dimmer lampu listrik AC
Dari gambar rangkaian dimmer lampu AC diatas TRIAC merupakan komponen yang berfungsi untuk menaglirkan arus listrik AC untuk lampu dengan tegangan kerj AC. Dalam aplikasinya TRIAC pada umumnya dikendalikan menggunakan DIAC sebagai peneyarah tegangan AC untuk triger pada gate TRIAC.


0 Response to "TRIAC pengertian dan aplikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel