close

Isolator Jenis Pasak (Pin Type Insulator)


Isolator jenis pasak (pin type insulator), digunakan pada tiang-tiang lurus (tangent pole) dan tiang sudut (angle pole) untuk sudut 5° sampai 30°.


Banyak terbuat dari bahan porselin maupun bahan gelas yang dibentuk dalam bentuk kepingan dan bagian bawahnya diberi suatu pasak (pin) yang terbuat dari bahan besi atau baja tempaan. Tiap kepingan diikatkan oleh suatu bahan semen yang berkualitas baik. Bentuk kepingan dibuat mengembang ke bawah seperti payung, untuk menghindarkan air hujan yang menimpa permukaan kepingan
secara mudah. Banyaknya kepingan tergantung pada kekuatan elektris bahan kepingan. Biasanya jumlah kepingan ini maksimum lima buah.
  1. Tranformator Arus/CT
  2. Resistor, Karakteristik, Nilai Dan Fungsinya
  3. Peralatan Pengaman Kubikel 20 KV
  4. Transformator Tegangan
  5. Remote Control Pengaman Untuk Sepeda Motor
  6. Contactor Pengertian Dan Prinsip Kerja
  7. Motor listrik pengertian dan prinsipkerja
  8. TRIAC pengertian dan aplikasinya
  9. Motor AC : Teori Motor AC Dan Jenis Motor AC
  10. Kapasitor Jenis, Fungsi Dan Karakteristik
  11. Thyristor Pengertian Dan Jenis
  12. SCR (Silicon Controlled Rectifier) Penjelasan
  13. Motor Stepper Jenis Jenisnya
  14. Transistor Bipolar Penjelasan

Isolator pasak yang mempunyai satu keping, biasanya digunakan untuk jaringan distribusi sekunder pada tegangan 6 kV ke bawah yang terbuat dari bahan gelas atau porselin. Untuk jaringan distribusi primer biasanya terdiri dari dua keping yang terbuat dari bahan porselin.
Isolator jenis pasak ini banyak digunakan pada tiang-tiang lurus (tangent pole) dengan kekuatan tarikan sudut (angle tensile strenght) hingga 10°. Kawat penghantar jaringan diletakkan di bagian atas untuk posisi jaringan lurus, sedangkan untuk jaringan dengan sudut di bawah 10° kawat penghantarnya diikatkan pada bagian samping agar dapat memikul tarikan kawat.

Kekuatan tarik isolator jenis pasak ini lebih rendah bila dibandingkan dengan isolator jenis gantung, karena kekuatan isolator jenis pasak ini ditentukan oleh kekuatan pasaknya terhadap gaya tarikan kawat penghantar.
    Pemasangan isolator jenis pasak ini direncanakan pada puncak tiang maupun pada palang kayu (cross-arm) yang disekrupkan pada isolator tersebut. Pemasangan isolator jenis pasak pada tiang kayu saluran satu fasa yang memiliki sudut : 0° sampai 5°, dan sudut 5° sampai 30°, serta untuk saluran tiga fasa dengan sudut 0° sampai 5°, dan untuk sudut 5° sampai 30°.
    Isolator jenis pasak banyak digunakan karena :
lebih banyak jaringan dibuat lurus
sudut saluran dibuat kurang dari 15°
isolator jenis gantung lebih mahal dari isolator jenis pasak
konstruksi tiang dibuat dengan cross-arm (travers) lebih menonjolkan ke laur sudut.

0 Response to "Isolator Jenis Pasak (Pin Type Insulator)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel