close

Relay Buchholz di Transformers, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasi-nya

Relay Buchholz pertama kali diimplementasikan pada tahun 1921 oleh "Max Buchholz. Relai ini adalah perangkat keamanan yang digunakan di bidang seperti transmisi daya, serta distribusi. Relai ini menyimpan beberapa transformator yang diisi minyak, dan digunakan sebagai alat pelindung untuk kegagalan die-electric di transformator seperti kebocoran arus, pembuangan pecahan, hot spot dan arcing adalah fenomena yang mengantarkan ke isolasi degradasi minyak bertindak dengan menghasilkan aliran berbahaya gas di tangki trafo. Ketika trafo dekat, maka ia memiliki dampak ekonomi yang besar pada operasi jaringan catu daya. Dengan demikian, itu adalah tujuan untuk memastikan pengukuran yang tepat dari kondisi trafo.

Apa itu Relay Buchholz?
Relai Buchholz adalah perangkat keamanan yang biasanya digunakan dalam transformator serapan minyak besar. Ini adalah semacam estafet keamanan yang diaktifkan minyak dan gas. Tujuan estafet Buchholz adalah untuk memberikan perlindungan kepada transformator dari kesalahan yang berbeda yang terjadi di transformator seperti sirkuit pendek, inter-turn, inti, baru jadi, dll. Relai ini akan merasakan kesalahan ini dan menutup sirkuit alarm. Diagram relai Buchholz ditunjukkan di bawah ini.

 

Relay Buchholz
Fitur utama relai Buchholz meliputi konsistensi yang terbukti di lapangan, Tidak ada alarm palsu, desain yang kuat, desain khusus untuk aplikasi OLTC, transformer kedap udara dan transformator dengan konservator dengan kantong karet, dll.

Prinsip Kerja Relay Buchholz
Prinsip kerja dan operasi estafet Buchholz sangat sederhana. Fungsi estafet ini tergantung pada fenomena mekanis, yang artinya diaktifkan secara mekanis. Ketika akan ada kesalahan internal kecil di transformator seperti kesalahan isolasi di antara belokan, berhenti bekerja pada inti transformator, inti suhu tinggi, minyak transformator akan membusuk di beragam gas hidrokarbon, Co, dan CO2. Analisis gas relay Buchholz yang dihasilkan karena peluruhan minyak transformator akan menumpuk di bagian yang lebih tinggi dari wadah Buchholz yang menyebabkan turunnya tingkat minyak di dalamnya.

 Prinsip Kerja Relay Buchholz
Ini berarti menurunkan lokasi pelampung dan dengan demikian memutar saklar merkuri. Saklar kontak berhenti dan sirkuit alarm diperkuat. Kadang-kadang karena keluarnya minyak pada tangki utama, gelembung udara dapat menumpuk di bagian atas wadah Buchholz yang mungkin juga menurunkan setetes tingkat minyak di dalamnya dan sirkuit alarm akan menguat.Dengan mengumpulkan gas-gas yang terkumpul dari kantong-kantong di puncak relai dan dengan memeriksa mereka, kita dapat mengharapkan jenis kesalahan dalam transformator.
Berbagai jenis kesalahan disertai dengan aliran minyak yang menyentuh pelat baffle dan sumber saklar merkuri dari elemen minor untuk menutup. Sakelar ini menggairahkan sirkuit perjalanan pemutus sirkuit yang bersekutu dengan transformator dan tanpa penundaan mengisolasi transformator yang rusak dari sistem tenaga listrik yang tersisa dari inter tripping pemutus rangkaian yang dihubungkan dengan kedua sisi LV dan HV dari transformator. Inilah cara kerja estafet Buchholz.
Konstruksi Relay Buchholz
Relay Buchholz terdiri dari dua elemen, yaitu elemen atas, dan elemen bawah. Di mana elemen atas termasuk jenis saklar merkuri terkait dengan pelampung. Demikian pula, elemen yang lebih rendah terdiri dari saklar merkuri meningkat pada flap jenis berengsel yang terletak di garis lurus aliran minyak. Di sini, aliran minyak dari transformator ke konservator yang ada di dalam kontak dengan float lainnya.

 Konstruksi Relay Buchholz

Bagaimana cara kerjanya?
Setiap kali kesalahan kecil terjadi dalam perangkat listrik, panas dibuat oleh arus gangguan. Panas yang dihasilkan menyebabkan dekomposisi minyak perangkat listrik dan gelembung gas dibuat. Gelembung-gelembung gas ini bergerak ke arah atas dan dikumpulkan dalam relai Buchholz.
Gas yang terkumpul memindahkan minyak dalam estafet Buchholz dan oleh karena itu pemindahan serupa dengan jumlah gas yang dikumpulkan. Dislokasi minyak menyebabkan pelampung yang lebih tinggi untuk menutup saklar merkuri yang lebih tinggi untuk menghubungkan sirkuit alarm.
Oleh karena itu, setelah kesalahan kecil terjadi, maka alarm akan diaktifkan. Kuantitas gas yang terkumpul menentukan kerasnya kesalahan yang terjadi. Sepanjang kesalahan kecil, pembuatan gas tidak cukup untuk memindahkan float yang lebih rendah. Oleh karena itu, di seluruh kesalahan kecil, float yang lebih rendah tidak akan berubah.
Selama kesalahan utama, seperti bagian dari bumi yang pendek, panas yang dihasilkan tinggi dan kuantitas gas yang besar dibuat. Jumlah gas yang sangat besar ini dapat mengalir ke atas dengan sama, namun, gerakannya cukup tinggi untuk memiringkan float minor dalam estafet Buchholz. Selama kasus ini, float yang lebih rendah dapat menjadi sumber dari saklar merkuri yang lebih rendah yang dapat menjelajah trafo dari suplai.

Buchholz Relay Keuntungan dan Kerugian
Berikut ini adalah pro estafet Buchholz.
  1. Estafet ini menentukan kesalahan inter-turn yang terjadi karena pemanasan inti dan membantu dalam pencegahan kesalahan yang ketat.
  2. Lingkungan dan kerasnya patahan akan menentukan tanpa memisahkan terpisah dari transformator dengan memeriksa sampel udara.

Berikut ini adalah kelemahan dari relay Buchholz.
  1. Relay semacam ini berlaku untuk transformator yang diserap oli.
  2. Relai ini hanya dapat dideteksi ketika level minyak di bawah.
  3. Relai ini tidak menjaga kabel penghubung. Jadi keamanan terpisah diperlukan untuk kabel.
  4. Ini memiliki waktu respon yang tinggi.
  5. Waktu operasi paling sedikit dari relay Buchholz adalah 0,1 detik.

Aplikasi Relai Buchholz
Berbagai jenis kesalahan trafo dapat dilindungi oleh relai Buchholz dan yang diidentifikasi oleh alarm. Aplikasi estafet Buccholz termasuk yang berikut ini.
 Aplikasi Relai Buchholz
  1. Buchholz Relay dapat digunakan pada Masuknya gelembung udara di dalam minyak
  2. Kegagalan isolasi baut Inti
  3. Buchholz Relay dapat digunakan di mana pengurangan tingkat minyak akan menjadi rendah karena kebocoran
  4. Relai ini dapat digunakan dalam kontak listrik yang longgar dan buruk
  5. Bushing menusuk
  6. Hubungan pendek antar panggung
  7. Berliku-liku sirkuit pendek

Kondisi Operasi Relay Buchholz
Relai Buchholz bekerja di tiga kondisi
  1. Kapanpun gelembung gas terbentuk di dalam trafo karena kesalahan yang parah.
  2. Kapanpun jumlah minyak di transformator turun.
  3. Setiap kali minyak di trafo mengalir dari tangki konservasi ke mayor atau dari tangki utama ke tangki konservasi.

Prosedur Pengujian Relay Buchholz
Berbagai jenis prosedur pengujian relay Buchholz termasuk yang berikut ini.
  • Uji Kebocoran

Relay Buchholz dapat mengemas dengan minyak pada suhu 90 C dan pada gaya bar dan diverifikasi untuk aliran keluar setelah 30 menit.
  • Tes Listrik

Koneksi insulasi pembumian dapat memastikan pada tegangan 2000V selama 1 menit.
  • Uji Fungsional

Pengujian relai Buchholz dapat dilakukan pada unit pengujian terkontrol PLC yang dirancang khusus, serta semua kondisi balasan sistem kontak akan diverifikasi.

Tindakan Pencegahan untuk Instalasi Relay Buchholz
  1. Sambungan konduktor harus memiliki sambungan kertas saat menghubungi terminal bukan karet karena dapat merusak oleh gulungan.
  2. Pelampung trafo harus memeriksa kekakuan udara dengan, misalnya, merendamnya dalam minyak hangat untuk membuat kekuatan surplus di dalamnya.
  3. Pipa sambungan dan penutup relai harus memiliki kemiringan 1,5-3% dan tidak memiliki eksterior yang memproyeksikan untuk memastikan jernihnya gas ke konservator.

Jadi, ini adalah semua tentang estafet Buccholz, bekerja, konstruksi, dll. Dari panduan relai Buchholz di atas, akhirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa relai ini tidak responsif terhadap tekanan eksternal. Tidak diperlukan servis di seluruh fungsi.

1 Response to "Relay Buchholz di Transformers, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasi-nya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel