close

Alasan energi listrik dikirimkan dengan tegangan tinggi dan arus rendah


SUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi. Kekuatannya minimal 500 kilovolt, lebih dari dua ribu kali lipat tegangan listrik di rumah.
Kenapa energi listrik dikirimkan dengan tegangan tinggi dan arus rendah bukannya arus tinggi dan tegangan rendah? Kan dayanya tetap sama saja, karena daya adalah hasil kali arus dan tegangan. Kenapa pengiriman dilakukan dengan arus bolak balik (AC yang ukuran dan arah arusnya berbolak-balik) ketimbang arus searah (DC, yang arah dan ukurannya tidak berubah)?
  1. Konsep Perdagangan Dunia Maya dan Aspek Hukumnya
  2. Penjelasan Berbagai Jenis Transformers Dan Penggunaannya
  3. Hukum Perlindungan Konsumen
  4. Sistem informasi manajemen (SIM)
  5. Materi Hukum Perlindungan Konsumen
  6. Kelembagaan Perlindungan Konsumen
  7. Konsep Dasar Manajemen Strategik
  8. Penentuan visi, misi, falsafah, Dan tujuan perusahaan
  9. Gambaran Umum Tentang Anggaran
  10. Kontrol Kecepatan Motor DC oleh Android
  11. Cara Kerja Konverter Ganda menggunakan Thyristor dan aplikasinya
  12. Klasifikasi Power Supply dan Berbagai Jenisnya

Saat sebuah jalur distribusi daya tegangan tinggi (SUTET) memerlukan perbaikan, PLN  tidak dapat mematikannya begitu saja, ia bisa memadamkan seluruh kota atau bahkan provinsi. Perbaikan harus dilakukan saat saluran masih menyala aktif. Teknik perbaikannya melibatkan penggunaan helikopter yang melayang diatas saluran tegangan tinggi sementara seorang teknisi duduk di satu ujung landasan yang menempel di bawah helikopter. Bagaimana teknisi ini menghindari tersentrum saat memegang kabel?
Di beberapa daerah, SUTET menjadi ancaman utama bagi populasi burung. Jelas burung dapat tersakiti atau terbunuh bila mereka terbang langsung ke kabel. Namun apa bahayanya bagi manusia yang berada di bawah atau pada tiang, menara atau kabel sutet?
Kenapa harus Tegangan Tinggi?
Saat listrik dikirimkan lewat sebuah saluran, sebagian energi listriknya lenyap sebagai energi panas, karena elektron (yang menyusun arus listrik) bertabrakan dengan atom dan molekul yang ada sepanjang jalur distribusi. Jumlah energi listrik yang hilang ini sama dengan hasil kali hambatan saluran dan kuadrat arus. Karenanya, agar rugi-rugi ini rendah, energi listrik harus dikirimkan dengan arus rendah. Tapi, untuk mempertahankan permintaan daya, ini artinya tegangan yang harus dinaikkan, hingga mencapai ratusan ribu volt misalnya (tegangan listrik di rumah hanya 220 volt). Pada titik penyebaran dimana energi dikirim ke rumah-rumah, sebuah trafo (transformator) menurunkan tegangan listrik tersebut menjadi lebih rendah (berarti lebih aman) dan arusnya dinaikkan (yang dapat dibatasi dengan sekering atau stud (MCB – Miniature Circuit Breaker)).

0 Response to "Alasan energi listrik dikirimkan dengan tegangan tinggi dan arus rendah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel